iyun

linktr.ee/dianambarwati | instagram

Dian Insani Ambarwati (Iyun) adalah seseorang yang memiliki banyak prestasi dan sangat menikmati teamwork sejak masa sekolah. Prestasinya di kepramukaan saat SMP berhasil membawanya masuk ke SMA 3 Yogyakarta melalui jalur non-akademis. Kemudian, prestasi di olahraga softball juga mengantarkannya untuk masuk kuliah di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM jurusan akuntansi di tahun 2003.

Semasa kuliah, Iyun merupakan mahasiswi yang aktif. Ia menjadi ketua departemen Sports, Art and Society (SAS) di IMAGAMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada) dan Ketua Umum UKM Softball Baseball UGM periode 2004-2006. Lalu bersama empat mahasiswi FEB UGM lainnya, ia menjadi wakil Indonesia dalam Kompetisi Bisnis “Trust By Danone” yang diselenggarakan oleh Danone International di tahun 2006 di Paris, Perancis.

Pasca kuliah S1, Iyun berkecimpung di dunia pasar modal sebagai account officer di BUMN PT Danareksa (Persero). Di tahun 2009, ia mantap mengabdikan diri sebagai ASN di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Kariernya di BPK dimulai sebagai auditor di BPK Perwakilan Sulawesi Selatan. Ini berjalan hingga tahun 2014 ketika ia mendapatkan beasiswa LPDP untuk menempuh studi S2 di Magister Ketahanan Nasional UGM selama 2 tahun. 

Di tahun 2017, Iyun beralih jabatan ke auditor internal di BPK yaitu di Inspektorat Penegakan Integritas yang merupakan bagian dari Inspektorat Utama BPK. Tugas dan fungsi utamanya adalah penegakan kode etik dan nilai dasar organisasi. Disini, ia menemukan semangat baru dalam bekerja dan bisa lebih memahami instansi tempatnya bernaung dengan lebih menyeluruh.

Bersama suaminya, Iyun kini juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga dengan tiga orang anak yang diberi nama Langit, Awan dan Jingga.